Saturday, February 18, 2012

Milky Fruity Bread


Yeaayyy bikin roti lagi...hehe kayaknya hampir sekali 3 hari saya bikin roti .. resepnya masih sama dengan yg saya post bbrp hari lalu, menggunakan metode water roux, resep bisa dilihat disini, bedanya kali ini pada saat bikin water roux, saya memasak tepungnya semuanya dengan susu, dan bahan cair pada saat peng-adonan saya juga pake susu, jadilah rasa susunya lebih nendang.

Untuk saat ini saya lebih suka menggunakan metode ini. Walaupun cairan/susu untuk peng-adonan rotinya sudah saya kurangi sampe 25 ml dari resep aslinya tp kadang terasa sticky juga pas adonan dibentuk, gak perlu kuatir, tinggal taburi sedikit tepung pas mau membentuk adonan (setelah di potong kecil-kecil) dan adonan siap dibentuk beraneka cara.

Kali ini saya bikin roti sobek dengan buah2 kering (sultanas, raisins, currants, citrus peel & cherries) . Setelah proofing pertama tambahkan 1/2 cup mix dried fruits,aduk rata, kemudian bagi adonan menjadi masing-maing 35 gr, susun di loyang yg sudah di olesi mentega.
Sisanya saya susun di loyang loaf biasa. Untuk membuat 2 loyang ini saya menggunakan 1 1/2 resep.



4 comments:

Hesti HH. said...

Mbaaaaaak, roti sobeknya kelihatan lembuuuut banget. Senang Mbak udah menemukan resep favorit ^^

ibudirafisa said...

bener banget mbak Hesti.. minggu ini ada bbrp kali aku bikin.. satunya lagi roti tawar keju yg kayak di bread talk itu loh mbak.. tapi gak sempet aku foto.. pas keluar oven anak2 pulang sekolah kehujanan, kelaparan..hehe lgs abis setengah sama mrk berdua..
Makasih bgt mbak udah menginspirasi..:)

CT Delima said...

Salam kenal ibudirafisa, mampir terus dari blog Hesti, suka sekali melihat rotinya yang gebu. saya juga lama tak membuat roti, kalau pingin banget makan baru dibuat :)

ibudirafisa said...

Salam kenal mbak Delima..

resep ini sangat direkomendasikan untuk di coba. Kalo dah nyoba kabar2i yaa..

salam
Elsa