Monday, February 13, 2012

Rich Chocolate Tart


Begitu banyak list masakan yg udah nangkring di catatan. Kesibukan domestik minggu ini ada lebih ekstra krn anak2 sudah mulai kembali sekolah. Akhirnya setelah melewati minggu yg melelahkan, bisa terobati dengan kembali ke dapur untuk baking dan moto2 ..teteup..:)

List pertama yg harus dikerjakan adalah Rich Chocolate Tart, karena udah lama ngeces ngeliat temen2 di IDFB bikin ini. Setelah googling akhirnya mutusin pake resepnya Australian Women Weekly yg aku ambil dari blognya mbak Hesti. Thanks mbak Hesti, udah banyak memberi inspirasi.
Karena mbak Hesti bilang di blognya kalau pienya terlalu buttery, maka saya kurangi butternya. Dan saya hanya pake kuning telur 2 karena persedian telur di rumah tinggal segitu..:) tp saya tambahin sedikit krim kentalnya

Waktu menuang Chocolate Filling, masing ada sisa bbrp ml, akhirnya sisanya itu saya tim dan saya jadikan ganache setelah tartnya dingin.


Rich Chocolate Tart

source : The Australian Women Weekly (Best Food : Dessert)
via : Hesti

Pastry
  • 185 gr terigu
  • 25 gr coklat bubuk
  • 55 gr icing sugar mixture
  • 150 gr mentega dingin (saya pake 110 gr butter dingin)
  • 2 kuning telur
  • 1 sdt air dingin
Campur tepung, gula icing, bubuk coklat dalam mangkuk food processor kemudian proses hingga tercampur rata. Masukan kuning telur dan air, proses lagi hingga tercampur rata. Keluarkan dari food processor, uleni dengan tangan hingga bener rata, padatkan, bungkus dengan plastik wrap simpan dalam lemari es selama 3o menit

Keluarkan pastry dari lemari es, giling hingga cukup lebar sehingga bisa memuat loyang pastry bongkar pasang ukuran 24 cm. Taruh pastry kedalam loyang, tekan2 sisinya sehinga padat memenuhi seluruh bagian loyang, rapikan bagian ujung2nya
Tutup lagi dengan plastik wrap dan simpan kembali ke lemari es, selama 30 menit

Panas kan oven dengan suhu moderat (saya menggunakan suhu 180 C)

Keluarkan Pastry dan alas permukaannya dengan baking paper dan taruh kacang2 kering atau beras sebagai pemberat. Bakar 15 menit. Kemudian lepaskan baking paper dan bakar kembali selama 10 menit (saya kemarin bakar sampe 15 menit lagi krn pastrynya belum begitu kering)

Chocolate Filling
  • 4 kuning telur (saya cuman pakai 2 kuning telur)
  • 2 telur
  • 55 gr caster sugar
  • 80 ml krim kental (saya pake 120 ml)
  • 300 gr Dark Cooking Chocolate (lelehkan)
  • 1 sdt ekstrak vanilla
Kocok telur dan caster sugar hingga kental dan creamy. Masukan DCC yg sudah dilelehkan, krim kental dan vanilla ekstrak, aduk rata. Tuang kedalam pastry yg sudah dipanggang, bakar kembali selama 30 menit (saya bakar dengan suhu 180 C)
Dinginkan , kemudian beri hiasan.
Krn saya masih ada sisa filling, lalu saya tim dan saya jadikan ganache.

4 comments:

Hesti HH. said...

Mmmmmm...yum yum. NYoklat bangets kan mbak?? selamaaaatt...akhirnya jd bikin jg, dan cakeeephh ^^

ibudirafisa said...

makasih mbak Hesti..
dari dulu takut bikin pie.. krn rasanya sulit.. tp alhamdulillah ini bisa .. mau coba lagi bikin lemon pie..
hihi katanya practice make perfect :)

Hesti HH. said...

Betul betul betul...hehe. Uenaaaak itu lemon pie mbak...bagi penyuka aroma lemon hihi

Hesti HH. said...

MBaaaaaak, cakep awardnya!