Wednesday, February 01, 2012

Sate Padang



Untuk masakan yang satu ini tiada kata bosan untuk saya. Mulai makan sate Padang di restoran mahal sampe tukang jualan di pinggir jalan saya doyan :)
Untuk sate selain daging biasa juga dipakai lidah,usus, jantung atau hati sapi. Saya paling suka rasa lidah, tapi ya masaknya menurut saya agak ribet, rebus dulu lidahnya, kuliti baru bisa diolah dengan bumbu.
Kali ini saya hanya menggunakan daging sapi saja.

Sate Padang

Bahan
  • 1 kg daging sapi
  • 2 lembar daun kunyit
  • 1 batang sereh (saya pake 1.5 sdm frozen lemongrass saya haluskan bersama bumbu halus)
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1.5 liter air untuk merebus
Bumbu halus
  • 8 siung bawang merah
  • 6 siung bawang puting
  • 5 buah cabe merah (saya pake 3 cabe merah + 3 cabe rawit merah)
  • 5 cm kunyit
  • 2 cm lengkuas
  • 4 cm jahe
  • 1/2 sdt jinten
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdt bumbu kari bubuk
  • 1 sdm garam
Kuah
  • 6 sdm tepung beras
  • 1 sdm tepung sagu
Pelengkap
  • bawang goreng
  • ketupat
Cara
  • Campurkan bumbu halus dan daging diamkan 30 menit
  • Rebus daging beserta bumbu halus, daun kunyit dan daun jeruk dalam 1.5 liter air hingga matang
  • Angkat daging sisihkan
  • Larutkan tepung beras dan tepung beras sagu dengan sedikit air.
  • Masukkan kedalam air rebusan daging pelan2 sambil terus diaduk hingga mencapai kekentalan yg diinginkan. Jika belum kental bisa ditambahkan sedikit lagi tepung yg telah dicampur air. Matikan api
  • Potong potong daging 1.5 cm x 1.5 cm. Tusuk 4 atau 5 potong dalam 1 tusukan. Bakar diatas bara
  • Susun ketupat dan sate diatas piring, siram dengan kuah yg hangat, taburi bawang goreng.

Sate ini kami nikmati bersama sambil menikmati acara favorite sepanjang libur summer ini, final Australian Open 2012, antara Novak Djokovic dan Rafael Nadal..you're such gladiators
Sate Padang ini juga setoran saya untuk Indonesian Food Party bulan February 2012


No comments: