Tuesday, February 14, 2012

Sausage Roll Bread

Dirumah emang pada doyan roti ya.. jadi saya ketagihan bikin macem2 roti dan nyobain berbagai macam resep. Selain lebih sehat, jelas bahannya bisa milih yg halal, dan yg pasti gak pake pengawet.
Nah kali ini nyobain metode water roux. Untuk metode ini ada yg menggunakan telur ada yg enggak. Saya pake resep dari Christine's Recipes..hehe ini juga karena tergiur mbak Hesti lagi.

Metode ini cocok deh untuk yg suka roti lembut dan gak boros kuning telur, soalnya saking seringnya bikin roti dengan kuning telur doang saya sampe punya 1 mangkok besar putih telur di kulkas :)
Setelah 2 kali percobaan dengan metode ini saya berkesimpulan airnya mesti dikurangi krn adonan agak lembek, jadi saya hanya pakai 100 ml susu saja.
Oh ya untuk membuktikan saya juga simpan roti ini 2 hari, dalam wadah kedap udara, bener rotinya masih empuk.

Bahan untuk Water Roux
  • 50 gr tepung tinggi protein
  • 250 ml water (bisa diganti susu atau 50:50 untuk air :susu)
( untuk resep roti dibawah ini adonan water rouxnya hanya kepake 1/2nya sisanya bisa disimpan di kulkas dan bisa dipakai lagi kecuali adonan sudah berubah warna)

Bahan Roti
  • 350 gr tepung protein tinggi
  • 55 gr gula kastor
  • 5 gr /1 tsp garam
  • 56 gr / 1 bh telur
  • 7 gr susu bubuk
  • 120 gr water roux (1/2 dari adonan diatas)
  • 125 ml susu (saya hanya pakai 100 ml saja )
  • 5 sd 6 gr ragi instant
  • 30 gr butter (room temperature)
Bahan Isi
  • 500 gr Sosis
Cara membuat water roux
  1. Campur tepung dan air aduk sampai tidak ada gumpalan. Masak dengan diatas api sedang, aduk terus dengan sendok kayu. Begitu terlihat mengental segera angkat adonan dari api, jangan sampai mendidih
  2. Pindahkan kedalam wadah, dinginkan , tutup dan simpan di kulkas sebelum digunakan
Cara membuat roti
  1. Campur semua bahan kering: tepung, susu bubuk, garam, gula dan ragi instant dalam mangkuk. Beri lubang ditengahnya. Campur semua bahan cair : susu, telur dan water roux, kemudian masukkan kedalam bahan kering. Mix/uleni hingga setengah elastis baru masukkan butter. Teruskan menguleni sampai adonan benar elastis
  2. Tutup adonan dengan plastik wrap diamkan 40 menit. (tergantung cuaca kalo dingin biarkan sampai 1 jam atau lebih )
  3. Kempeskan adonan, bagi masing2 40 gr. Kemudian bentuk sesuai dengan kebutuhan.
    sayang kemarin saya lupa moto step untuk bikin jalinan roti sosisnya. (Janji deh kalo bikin lagi saya foto)
  4. Setelah selesai nyalakan oven dengan suhu 180
  5. Diamkan adonan kurang lebih 20 menit. Kemudian oles dengan susu atau krim. Saya lebih suka mengoles dengan susu ini ketimbang kuning telur, kalau dengan kuning telur rasanya cepat banget kuning bagian atasnya sementara bawahnya belum begitu matang.
  6. Bakar kurang lebih 20 menit (sekali lagi tergantung oven) tinggal di intip saja, kalau udah coklat keemasan tinggal keluarkan dari oven. Dinginkan, simpan dalam wadah kedap udara. Besok pagi siap menu untuk sarapan dan bekal sekolah.
Oh iya kemarin rotinya juga saya bikin loaf/roti sobek isi pisang coklat, kesukaan si ayah.
ini dia foto yg saya jepret pas si ayah lagi sarapan. Satu loaf kecil habis sendiri. Alhamdulillah

3 comments:

Hesti HH. said...

Mantaaaap mbak Elsa, cantik banget kepang sosisnya...dan roti pisangnya sama fav hubbyku jg...

Ita said...

Salam kenal mbak :)
mau nyontek resepnya yaa :)
Tapi sebelumnya mau nanya, tepung susu itu apa ya? Apa susu bubuk?
Makasih^^

ibudirafisa said...

Mbak Hestii...tooos...
mbak aku milih ini deh buat bikin roti seterusnya ..cocok aku sama resep ini..

Salam mbak Ita.. salam kenal.. iya bener itu susu bubuk.. hihi aku salah ya pake istilahnya..
aku edit deh di blognya..